Nilai hanyalah hasil sebuah perjuangan
Yang takkan berarti ditengah manusia di jamannya
Karena keterlambatan tekhnologi dan logika
Kebiasaan umum dan awam menyudutkan
Seiring dengan kepentingan serta kekuasaan


--JACK--

Tuesday 7 May 2013

Alkimia

Adalah sebuah teori tentang empat unsur. Keempat unsur itu adalah Udara, Api, Tanah dan Air. Dan setiap unsur mempunyai sifat tersediri, yaitu: dingin, kering, panas dan basah. 
  • Api  gabungan panas dan kering. 
  • Tanah gabungan basah dan dingin. 
  • Udara gabungan kering dan dingin. 
  • sedangkan air adalah gabungan basah dan panas. 
Chemistry atau Ilmu Kimia adalah bagian dari ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang materi. Objeknya meliputi sifat-sifat materi, komposisi, struktur dan perubahan yang dialaminya serta energi yang timbul atau diserap selama terjadi perubahan.
 
Perubahan materi dapat di kenal dari adanya sifat yang dimilikinya. Perubahan materi biasanya di ikuti dengan perubahan energi. Pada dasarnya ada dua macam perubahan materi.
1. Perubahan Fisika, yaitu perubahan materi tanpa disertai perubahan susunan zat sehingga tidak menghasilkan zat baru. Contoh: air yang mendidih
2. Perubahan Kimia, yaitu perubahan materi disertai dengan perubahan susunan dan sifat-sifat zat sehingga menghasilkan zat baru. Contoh: besi berkarat
Perubahan Kimia di sebut juga reaksi kimia. Beberapa peristiwa reaksi kimia dan merupakan tanda-tanda berlangsungnya suatu reaksi adalah sebagai berikut: 
  • Pembentukan endapan, zat baru yang sukar larut dalam air 
  • Pembentukan gas, zat baru yang terbentuk berupa gelembung-gelembung gas yang kadang-kadang berbau.
  • Perubahan warna, zat baru yang terbentuk warnanya berbeda dengan warna zat semula 
  • Perubahan suhu, pada saat reaksi berlangsung terjadi perubahan energi panas. Suatu reaksi yang menyebabkan kenaikan suhu di sebut reaksi eksoterm, sedangkan yang menyebabkan penurunan suhu di sebut reaksi endoterm.
Pada mulanya, para ahli mempelajari kimia untuk satu tujuan yaitu menemukan cara mengubah logam biasa menjadi emas, mitos menyatakan bahwa selain berharga, emas juga dianggap mampu menyembuhkan semua penyakit.
Alkimia ada sejak puluhan ribu tahun yang lalu dimana teori tersebut didasarkan dari berbagai pendapat para tukang sihir, filsuf dan pengamat perbintangan. Tulisan penting tentang Alkimia berasal dari mesir (1500 SM), Cina (600 SM) dan Yunani (500 SM).
Obsesi para ahli Alkimia adalah mengubah logam dasar menjadi emas. Seorang Ahli Alkimia bernama Hennig Brand bereksperimen mencampur berbagai  unsur dengan air seni singa yang berwarna keemasan. Dengan berasumsi  bahwa air seni yang berwarna keemasan tersebut pasti mengandung emas. Namun eksperiment tersebut tidak menghasilkan emas melainkan  menemukan unsur bercahaya yang di sebutnya 'Fosfor' berarti 'pembawa terang' dari bahasa Yunani.
Percobaan-percobaan yang dilakukan dengan tujuan mengubah logam biasa menjadi emas telah mengantarkan para ahli alkimia menemukan berbagai unsur baru dalam alam.